About Flu Babi

beberapa waktu ini, Dunia sangat dikejutkan dengan munculnya virus Flu baru yang pertama kali muncul di Meksiko yaitu virus Flu Babi.

Di Meksiko, virus flu babi ini sudah menewaskan hingga lebih dari 80 orang dan sudah menyerang ribuan orang lainnya. Yang lebih mengejutkan ternyata virus ini sudah menyerang ke negara lain yaitu Amerika.

Pemerintah AS mengumumkan bahwa virus flu babi ini telah ditemukan di daerah New York, Ohio, Kansas, California dan Texas namun belum ada laporan tentang adanya korban jiwa. Beberapa negara lain seperti Spanyol dan Kanada juga melaporkan dugaan adanya virus tersebut.

Apa itu Flu Babi?

Flu babi merupakan penyakit pernafasan yang sering diidap oleh babi. Biasanya virus flu babi ini tidak mudah menular pada manusia apalagi sampai menyebabkan kematian. Babi yang mengidap flu ini persentase kematiannya hanya sekitar 1-4% saja (berdasarkan data WHO).

Flu babi yang saat ini menyerang masyarakat meksiko berbeda dengan flu biasa yang diderita manusia dan babi. Flu ini terdiri dari genetik babi, burung dan manusia, dimana jenis baru ini bisa menular antar manusia.

Babikah pembawa virus ini?
Babi sering kali dikatakan sebagai “ladangnya virus”. Burung tidak bisa menularkan virus flunya kepada manusia, sedangkan babi sangat rentan mengidap virus ini. Sudah lama para ahli mengkhawatirkan virus yang diidap oleh babi ini bermutasi menjadi virus yang lebih berbahaya dan bisa menular ke hewan dan bahkan manusia, dan saat ini mungkin adalah kekhawatiran yang sudah menjadi kenyataan.

Pusat pencegahan penyakit AS, CDC, saat ini sedang berusaha keras untuk membuat vaksin dari virus Flu babi ini.

Bagaimana gejala virus Flu babi ini?
Gejala Flu babi ini mirip seperti penyakit Flu pada umumnya. Badan demam, terasa lelah, tidak ada nafsu makan dan juga batuk. Selain itu pemderita akan mengalami tenggorokan sakit, hidung yang berlendir, muntah-muntah sampai dengan diare.

Jika anda mengalami gejala ini, tetaplah tinggal dirumah untuk menghindari penularan ke orang lain. Hubungi dokter untuk meminta pengarahan, dan jangan sampai anda mengunjungi klinik kesehatan atau bahkan rumah sakit yang belum diketahui secara jelas apakah bisa menangani Flu babi.

Lalu adakah cara untuk menghindari Flu babi ini?
Anda harus mencuci tangan anda secara teratur menggunakan sabun pembunuh kuman / antiseptik. Jika anda bepergian, gunakan masker untuk menghindari penularan kuman dari virus Flu babi ini.

16 responses to “About Flu Babi

  1. I’am very specles about “FLU BABI”
    I hope we also find “Paksin” for “Plu Burung”.

    ya itu harapan kita semua

  2. kayanya kurang info dan ada kesalahan juga nih…saya tambahin ya…

    flu babi bukan penyakit masa kini ko, flu babi sendiri pernah melanda dunia sekitar tahun 1910an…
    indonesia sendiri pernah menjadi daerah endemik flu babi. tahun 1918 masyarakat di nusantara kita ini pernah mengalami fenomena flu babi dengan jumlah korban 1juta orang.sedangkan total korban di dunia mencapai 50 juta orang. jadi tidak tepat kalo dibilang virus baru ini muncul pada masa sekarang. flu ini udah lama ada, tapi selama masa rehatnya yang hampir 1 abad ini dia bermutasi. susunan protein dalam tubuh virus ini tetap padastrukturnya, tapi ada bebrapa sifat yang berubah. lagi pula virus ini tidak lebih ganas dari flu burung, karena dari 100 kasus korban tewasnya 6 orang, bandingkan dengan flu burung yang 80 kematian dari 100 kasus.
    kenapa flu yang awalnya kita anggap penyakit remeh temeh bisa jadi mematikan, ya karena kita juga. mutasi genetik itu kan bisa dipengaruhi faktor alam dan buatan manusia, coba kalo manusia ga berbuat kerusakan dimuka bumi, insya ALLAH ga ada penyakit aneh2 kaya sekarang. tapi pada intinya, kita yang dikasih amanah eloh Alla SWT harus tau diri, jaga kesehatan, kebersihan, dan jangan meremehkan alam. alam dan komponennya bisa lebih ganas balas dendam karena kerusakan yang kita bikin.
    Jazzakallah…..

  3. koq namanya flu babi sich.. ga keren ah..

    “mungkin yg nemu ne virus adalah babi so di sebut flu babi
    hehehe…(kidding)..
    ya karena virus itu berasal dari babi atau media penularannya melalui babi makanya di kasih nama flu babi.

    mungkin ada nama lain dari anda..? “

  4. oh ya??
    kalo emang sebab dari babi.. kenapa babi itu ngk mati karna virus itu sendiri??
    apa daya tahan tubuh babi lebih kuat dari pada daya tahan tubuh manusia?
    itu bisa saja d lakukan oleh orang yang mau menyebarkan virus itu sekali lagi… hmm…..

    kan d bilang virus itu pernah menjangkit manusia pada masa lalu…

    mungkin ada yang membuat virus itu kembali aksis lagi

    • pertanyaan yang menarik, saya coba menjawab ya.
      babi tersebut tidak mati, karena babi tersebut hanya sebagai perantara. seperti halnya flu burung, burung tersebut tidak mati, tetapi hanya sebagai perantara. jadi, babi itu bisa kita sebut sebagai media penyebaran, dia hanya berguna untuk membawa virus tersebut untuk kemudian disebarkan.

      sekian..

  5. saya turut prihatin dgn virus yang sekarang ini marak menyebar dengan adanya virus flu babi membuat kita hrs lbh protect

  6. good info……
    sebenarnya banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah penularannya tapi yang penting selalu terapkan PHBS.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s