beberapa waktu ini, Dunia sangat dikejutkan dengan munculnya virus Flu baru yang pertama kali muncul di Meksiko yaitu virus Flu Babi.

Di Meksiko, virus flu babi ini sudah menewaskan hingga lebih dari 80 orang dan sudah menyerang ribuan orang lainnya. Yang lebih mengejutkan ternyata virus ini sudah menyerang ke negara lain yaitu Amerika.

Pemerintah AS mengumumkan bahwa virus flu babi ini telah ditemukan di daerah New York, Ohio, Kansas, California dan Texas namun belum ada laporan tentang adanya korban jiwa. Beberapa negara lain seperti Spanyol dan Kanada juga melaporkan dugaan adanya virus tersebut.

Apa itu Flu Babi?

Flu babi merupakan penyakit pernafasan yang sering diidap oleh babi. Biasanya virus flu babi ini tidak mudah menular pada manusia apalagi sampai menyebabkan kematian. Babi yang mengidap flu ini persentase kematiannya hanya sekitar 1-4% saja (berdasarkan data WHO).

Flu babi yang saat ini menyerang masyarakat meksiko berbeda dengan flu biasa yang diderita manusia dan babi. Flu ini terdiri dari genetik babi, burung dan manusia, dimana jenis baru ini bisa menular antar manusia.

Babikah pembawa virus ini?
Babi sering kali dikatakan sebagai “ladangnya virus”. Burung tidak bisa menularkan virus flunya kepada manusia, sedangkan babi sangat rentan mengidap virus ini. Sudah lama para ahli mengkhawatirkan virus yang diidap oleh babi ini bermutasi menjadi virus yang lebih berbahaya dan bisa menular ke hewan dan bahkan manusia, dan saat ini mungkin adalah kekhawatiran yang sudah menjadi kenyataan.

Pusat pencegahan penyakit AS, CDC, saat ini sedang berusaha keras untuk membuat vaksin dari virus Flu babi ini.

Bagaimana gejala virus Flu babi ini?
Gejala Flu babi ini mirip seperti penyakit Flu pada umumnya. Badan demam, terasa lelah, tidak ada nafsu makan dan juga batuk. Selain itu pemderita akan mengalami tenggorokan sakit, hidung yang berlendir, muntah-muntah sampai dengan diare.

Jika anda mengalami gejala ini, tetaplah tinggal dirumah untuk menghindari penularan ke orang lain. Hubungi dokter untuk meminta pengarahan, dan jangan sampai anda mengunjungi klinik kesehatan atau bahkan rumah sakit yang belum diketahui secara jelas apakah bisa menangani Flu babi.

Lalu adakah cara untuk menghindari Flu babi ini?
Anda harus mencuci tangan anda secara teratur menggunakan sabun pembunuh kuman / antiseptik. Jika anda bepergian, gunakan masker untuk menghindari penularan kuman dari virus Flu babi ini.

About these ads